Cara Gila Menulis Cerpen dan Novel

Beberapa tahun yang lalu, saya beruntung tergabung dalam suatu grup alumni di aplikasi whatsapp. Isinya orang-orang hebat di bidangnya. Salah satunya, Han Gagas.
Han Gagas, yang sefakultas dengan saya ketika kuliah (ini perlu saya sebutkan, untuk menegaskan bahwa saya adalah temannya, hahaha), ternyata adalah seorang Cerpenis yang karya-karyanya telah bertebaran di berbagai media ternama, seperti Kompas, Horizon, Tempo, Republika, dan lain sebagainya. Cerpennya ‘Wayang Potehi: Cinta yang Pupus’ yang menceritakan kepahitan kaum minoritas di negri ini, ditulis dengan bahasa yang indah, padat, sarat makna. Tak heran, kisah yang menjadi cerpen pilihan Kompas pada tahun 2016 itu, meninggalkan kesan mendalam di hati saya.
Akibatnya, saya memburu karya-karyanya berikutnya. Deretan novelnya saya pesan, beli dan baca. Saya tak kapok, walau tak ada happy ending di cerita-cerita yang ia tuliskan. Kelam, suram, membawa saya jatuh pada dunia bawah. Menyentak hati betapa saya sangat beruntung, dibanding semua tokoh yang ia tuliskan.
Mengapa begitu? Karena walaupun fiksi, Han Gagas mendasarkan tulisannya pada kenyataan yang terjadi di sekitarnya. Ia melakukan penelitian, bukan menuliskan angan-angan belaka. Setiap kalimat yang digoreskannya, berasal dari kelekatannya yang mendalam.
Maka saya tak heran, ketika novel ‘Sepasang Kekasih Gila’-nya kemudian diminta oleh Falcon Picture untuk difilm-kan. Saya tentu bercita-cita untuk menyaksikannya. Karena Han Gagas bukan sekadar menyodorkan gelap dan kegilaan, tapi juga pemaknaan akan kenyataan.
Ah, dia memang gila. Bisa menulis segila ini. Bisa menulis banyak tentang orang-orang gila. Dengan hasil segila ini.
Maka izinkan saya beri nasehat pada kalian, jangan sia-siakan kesempatan gila ini, untuk mengetahui cara gila menulis cerpen dan novel, dari temannya orang-orang gila. Dengan gilanya, KAGAMA telah menggratiskan acara ini untuk 1000 orang peserta pertama. Jangan sampai ketinggalan.
Kelas Menulis Kagama Writing 4: Han Gagas – Cara Gila Menulis Cerpen dan Novel
Hari Tanggal: Sabtu, 26 Juni 2021
Waktu: 19:00-21:00 WIB
Free, Umum dan e-sertifikat
Narasumber: Han Gagas – Sastrawan dan Penulis, Alumni UGM
Zoom Meeting
Peserta terbatas 1000 orang
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like